Sabtu, 20 April 2013

MAKNA DAN MANFAAT BERDOA

 Makna dan Manfaat Berdoa


1. Makna Doa
                Kata du'a atau doa adalah bentuk mashdar dari fi'il yad'uw-da'a, Sedangkan menurut Ibnu Hajar, kata doa sebenarnya bentuk qashr (singkat) dari kata al-da'wa.
                Abu Al-Qasim Al-Qusyairi dalam syarah "Al-Asma' Al-Husna," sebagaimana dikutip Ibnu Hajar Fath Al-Bari berpendapat bahwa doa memiliki banyak arti dan masing-masing arti memiliki arti tertentu. Di antaranya doa bisa berarti "ibadah", seperti dalam surat Yunus: 106; bermakna "istighatsah" (memohon bantuan dan pertolongan), seperti dalam surat Al-Baqarah: 23, bermakna "permintaan", seperti dalam surat Al-Mukminun: 60, yang bermakna "percakapan", dalam surat Yunus: 10, doa dapat berarti "memanggil" dan "memuji", masing-masing seperti dalam surat Al-Isra: 52 dan 110.
 2. Manfaat Berdoa
            "Berdoalah kamu Kepada-Ku, pasti Aku memperkenankan permohonan kamu itu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah Aku akan masuk neraka Jahannam dengan cara yang sangat hina dina" (QS Al-Mu'minun: 60)
            Ayat di atas secara tegas menekankan pentingya doa bagi seorang hamba, karena merupakan salah satu perintah Allah, dan sekaligus merupakan ancaman bagi orang-orang yang bersikap sombong, yang diantaranya adalah orang yang tidak mau berdoa kepada-Nya. Dengan kata lain, orang yang banyak berdoa akan mulia, sebaliknya orang yang tidak mau berdoa akan menjadi hina.
Berikut beberapa faedah atau manfaat berdoa bagi kita:
a.  Memperoleh naungan rahmat Allah SWT
b.  Menunaikan kewajiban taat dan menjauhkan maksiat
c.   Membendaharakan sesuatu yang diperlukan untuk masa susah dan sempit
d.  Memperoleh Ridha Allah
e.  Memperoleh hasil yang pasti, karena tiap-tiap doa itu dipelihara dengan baik di sisi Allah. Maka adakalanya permohonan itu dipenuhi dengan cepat dan adakalnya dibendaharakan untuk hari akhir
f.   Terhindar dari bala bencana
g.  Menolak bencana ataumeringankan tekananya
h.  Menolak tipu daya musuh, menghilangkan kegaduhan dan menghasilkan hajat serta memudahkan kesyukuran
Itulah makna dari berdoa dan beberapa manfaat berdoa, semoga bermanfaat!.
gambar: google.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar