Kamis, 06 Juni 2013

Mengenal penyakit Arteriosclerosis

Di zaman hidup yang serba modern sekarang ini, dimana manusia lebih cenderung memilih gaya hidup praktis dan instant, membuat gaya hidup manusia pun berubah. Lebih sedikit melakukan aktivitas fisik, malas berolahraga. Lebih memilih makanan yang enak daripada yang sehat seperti gorengan atau daging berlemak tinggi daripada buah dan sayuran. Bahkan ada yang bilang, “Yang penting kenyang, gizi belakangan“.


Belum lagi polusi lingkungan yang memicu stres. Semua membuat manusia lebih rentan mengidap penyakit seperti darah menjadi kental, kolesterol meningkat, lemak darah dan trigliserida tinggi, yang pada akhirnya dapat menyumbat pembuluh darah arteri di dalam tubuh. Bila gejala ini yang Anda alami, maka bersiaplah karena penyakit arteriosclerosis sedang mengintai Anda.

Sebenarnya Apa sih penyakit Arteriosclerosis itu?

Gambaran Arteriosclerosis, lihat penebalan pada penampang arteri sebelah kiri



Penyakit ini ditandai dengan penebalan dan hilangnya elastisitas dinding arteri atau biasa dikenal dengan istilah penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah arteri. Bila terjadi di otak, akan menimbulkan serangan stroke. Bila terjadi di jantung akan menimbulkan penyakit jantung koroner. Penyakit ini akan lebih parah bila diiringi dengan hipertensi (penyakit darah tinggi).

Bila gejala jantung koroner dapat diketahui sejak awal, maka pencegahan dini dapat dilakukan tanpa melakukan tindakan medis. Namun, bila serangan berat sudah terjadi pada jantung Anda misalnya, maka biasanya tindakan medis yang harus diambil adalah pembedahan jantung (bypass) atau pemasangan stent (cincin) pada bagian pembuluh darah yang menyempit. Tindakan ini jelas akan memakan biaya yang sangat mahal. Jika hal ini tidak ingin terjadi pada diri Anda, maka segera atasi sedini mungkin.

Bagaimana Cara Pencegahannya?

Untuk menghindari terjadinya arteriosclerosis yang parah hingga dilakukan tindakan medis, tentu kita harus memiliki gaya hidup yang sehat dan selalu menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Bila Anda telah terdeteksi mengidap gejala penyakit arteriosclerosis, maka Anda harus mulai menerapkan pola makan dan hidup yang baik. Mulai rajin berolahraga kembali, paling tidak 5 kali seminggu (tidak perlu berolahraga berat, cukup jalan kaki santai atau cepat, berenang, senam, dan sebagainya).

Hindari makanan berlemak tinggi, seperti gorengan, santan, masakan daging berlemak, dan sebagainya. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang berserat tinggi.

Hindari juga kebiasaan hidup yang memicu stres, sebaiknya jalani hidup ini dengan lebih banyak bersyukur dan pasrah kepada Allah Swt. Walaupun terkadang target yang ditetapkan pada pekerjaan menuntut kita lebih serius yang akhirnya memicu stres, Kita hanya perlu mengubah pola pandang Kita terhadap pekerjaan tersebut, jika berhasil biasanya Kita bisa lebih santai namun tetap terpola.

Merokok pun akan sangat memperburuk kondisi tubuh yang sudah terkena gejala arteriosclerosis. Racun di dalam rokok bisa mengikat lemak secara berlebihan, membuat darah lebih kental, sehingga bisa mempercepat terjadinya sumbatan dalam arteri. Maka jauhi rokok sekarang juga.

Itulah sedikit info mengenai penyakit Arteriosclerosis dan pencegahannya, semoga kita selalu diberi kesanggupan untuk selalu berperilaku hidup sehat yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah Saw.